Lihat Semua : infografis

Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik Indonesia


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 343


Indonesiabaik.id - Morotai berasal dari kata Morotia yang artinya tempat tinggal orang-orang moro. Orang moro adalah manusia misterius atau orang hilang (Jawa - Moksa) yang sulit dilihat dengan mata biasa, namun memiliki kebudayaan sebagai kelompok manusia biasa. 

Letak Pulau Morotai

Kabupaten Pulau Morotai mempunyai luas wilayah 4.301,53 Km2, dengan luas daratan seluas 2.330,60 Km2 dan luas wilayah laut sejauh 4 mil seluas 1.970,93 Km2. Panjang garis pantai 311.217 Km. Jumlah pulau-pulau kecil yang terdapat di Kabupaten Pulau Morotai berjumlah 33 pulau dengan rincian pulau yang berpenghuni berjumlah 7 pulau dan yang tidak berpenghuni berjumlah 26 pulau. 

Dari aspek geografis pulau Morotai memiliki posisi strategis karena berada di bibir jalur perdagangan Asia Pasifik. Adapun batas-batas administrasi yang dimiliki oleh kabupaten ini adalah, sebagai berikut:

  • Sebelah Utara : Samudera Pasifik
  • Sebelah Barat : Laut Sulawesi
  • Sebelah Timur : Laut Halmahera
  • Sebelah Selatan : Selat Morotai

Wisata Pulau Morotai

Keindahan Morotai dengan segudang sejarah dari Perang Dunia II membuatnya dijuluki sebagai, “Mutiara di Bibir Pasifik”. Mau tahu apa saja wisata primadona yang ditawarkan pulau Morotai?

  1. Pulau Dodola

Pulau ini adalah destinasi ikonik wisata di Pulau Morotai. Pulau Dodola terdiri dari pulau Dodola kecil dan Pulau Besar. Yang bikin pulau ini jadi ikonik ialah saat air pantai sedang surut. Kamu akan melihat pasir putih terbentang sepanjang 500 meter yang menyambungkan pulau Dodola besar dan pulau Kecil.

 

  1. Pulau Mitita

Seperti yang kamu sudah tahu, Pulau Morotai terkenal dengan wisata lautnya. Di pulau ini ada 28 titik diving yang memiliki keindahan sekaligus keunikan masing-masing Bukan hanya faktor terumbu karang yang indah dengan ikan berwarna-warni, tapi juga ada sisa-sisa peperangan Perang Dunia II. 

 

  1. Air Terjun Raja

Air terjun raja berada di desa Raja, Kecamatan Morotai Selatan. Daya tarik air terjun ini karena ia punya 7 tingkatan. Air terjun raja tingkat ke-1 ketinggiannya sekitar 2 meter

 

  1. Monumen Teruo Nakamura

Nakamura adalah prajurit Jepang yang kabur ke dalam hutan saat sekutu menyerang Pulao Morotai pada tanggal 15 September 1944. Untuk mengenang sejarah Pulau Morotai yang punya peran strategis pada Perang Dunia II, pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai mendirikan Monumen Teruo Nakamura.



Infografis Terkait