Lihat Semua : infografis

Mulai Berlaku, Tarif Tol Trans Jawa Diskon 15 Persen


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 3.572


Indonesiabaik.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan besaran tarif untuk enam ruas tol yang menjadi bagian jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, pemberlakuan tarif tol ruas baru Trans Jawa diberikan diskon tarif sebesar 15% selama dua bulan ke depan berdasarkan kluster.

Untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, mekanisme pengoperasian jalan tol Trans Jawa dilakukan dengan membagi beberapa ruas jalan tol Trans Jawa dalam cluster wilayah pengoperasian. Ada empat klaster yang telah diatur dari hasil kesepakatan bersama yang dilakukan oleh seluruh badan usaha jalan tol.

 

Klaster I meliputi Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan. Sementara Klaster II mencakup Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. Adapun Klaster III terdiri atas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya. Klaster IV meliputi Surabaya-Gempol segmen Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.

 

Mulai tanggal 21 Januari 2019 hingga 2 (dua) bulan kedepan, juga akan diberlakukan diskon 15% untuk pengguna tol jarak jauh. Dari empat kluster Tol Trans Jawa hanya kluster II (Palimanan-Semarang), III (Semarang-Surabaya), dan IV (Gempol-Grati) yang didiskon. Sementara kluster I (Jakarta-Palimanan) tidak berlaku diskon. Tol dalam kota yakni Semarang ABC dan Surabaya-Gempol juga tidak berlaku diskon.

 

Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan dalam pemberian diskon 15% kepada pengguna jalan tol. Syaratnya yaitu diskon hanya berlaku apabila pengguna jalan tol melakukan perjalanan penuh dalam satu kluster. Misalnya di kluster II, kendaraan yang masuk gerbang tol (GT) Palimanan akan membayar tarif tol diskon apabila keluar di GT Kali Kangkung di Semarang. Ketentuan tarif diskon lainnya adalah saldo e-toll cukup. Apabila e-toll saldo kurang atau tidak terbaca maka diskon tidak berlaku.



Infografis Terkait