Lihat Semua : infografis

Museum di Indonesia Butuh Perhatian Kita


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Oktanti Putri Hapsari /   View : 1.232


Indonesiabaik.id - Kabar kurang menggembirakan terjadi di sektor permuseuman sekaligus berkaitan dengan pendidikan, kebudayaan, hingga ke pariwisata di Indonesia. Ya, karena masih banyak museum di Indonesia yang menurut publik telah menurun fungsinya. Hal itu mengakibatkan banyak museum di Indonesia yang terlantar alias tidak terurus.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Fitra Arda Ambas mengemukakan, dari 435 museum yang terdaftar di seluruh Indonesia, banyak museum yang kondisinya kurang perhatian dan jarang dikunjungi masyarakat.

“Bahkan ada 100 museum yang termasuk kategori tidak layak menampung koleksi sejarah,” kata Fitra Arda Ambas dalam pemaparannya pada Forum Tematik Bakohumas yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, di Hotel Novotel, Rabu (19/6/2019) malam WIB seperti dilansir dari laman setkab.go.id.

Sebagian dari museum-museum itu, lanjut Fitra, terpaksa tutup karena tidak mempunyai dana operasional. “Artinya museum dimaknai sebagai penyimpan alias gudang saja. Sedangkan poin paling penting dari museum adalah cerita di balik benda-benda sejarah,” jelas Fitra.



Infografis Terkait