Lihat Semua : infografis

Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 3.010


indonesiabaik.id - Bahasa jadi alat komunikasi yang bisa mempermudah interaksi sosial antar individu di suatu wilayah geografis tertentu. Namun, perlu tahu ya SohIB bahwa ada banyak sekali negara yang memiliki lebih dari satu bahasa yang digunakan, termasuk Indonesia. 

Tapi, siapa ya negara dengan bahasa terbanyak?

Sebagai informasi, Ethnologue sebuah situs di bawah naungan SIL International yang melakukan inventarisasi bahasa di dunia, telah mempublikasikan artikel mengenai 10 negara yang memiliki bahasa terbanyak di dunia.

Papua Nugini keluar sebagai negara yang memiliki bahasa terbanyak di dunia, yaitu 841 bahasa. Angka ini menunjukkan bahwa Papua Nugini sendiri memiliki lebih banyak bahasa dibandingkan seluruh negara di benua Eropa. 

Kemudian, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang dihuni 273,8 juta penduduk dan memiliki 1.340 suku bangsa, Indonesia mempunyai 720 bahasa.

Tidak hanya itu, hasil ini diikuti dengan Nigeria yang mempunyai 537 bahasa, India dengan 458 bahasa, dan Amerika Serikat dengan 355 bahasa yang termasuk dalam lima peringkat teratas.

Di sisi lain, Tiongkok berada di peringkat ketujuh dengan 307 bahasa yang dimilikinya. Nah, kalau secara global ada sekitar 7.164 bahasa yang digunakan di seluruh dunia saat ini.



Infografis Terkait