Lihat Semua : infografis

Negara Pemakan MI Instan Terbanyak


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 5.478


Indonesiabaik.id - Mi instan telah menjadi makanan alternatif bagi sebagian masyarakat Indonesia.  Percaya ga? Menurut data terbaru dari World Instant Noodles Association (WINA) mencatat daftar negara pemakan mi instan terbanyak di dunia.

Konsumsi Mi Instan Indonesia

Berdasarkan data Instantnoodles, konsumsi mi instan Indonesia meningkat 4,98% menjadi 13,27 miliar bungkus pada 2021 dibanding tahun sebelumnya. Jumlah tersebut menempatkan konsumsi Indonesia merupakan yang terbesar kedua dunia setelah Tiongkok dengan konsumsi sebesar 43,99 miliar bungkus pada tahun lalu.

Di sisi lain, hasil survei Pengeluaran untuk Konsumsi Penduduk Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2021 menunjukkan, penduduk Indonesia mengkonsumsi 48 bungkus mi instan dalam setahun atau total seluruh Indonesia mencapai 13,2 miliar bungkus, dengan rata-rata berat per bungkus adalah 80 gram.

Tapi, enggak hanya soal konsumsi aja yang tinggi, ternyata Indonesia juga menguasai raja mi instan di dunia, hal ini terbukti dari nilai ekspor-impornya loh!

Ekspor Impor Mi Instan

Nyatanya, Indonesia tidak hanya mengkonsumsi untuk di dalam negeri saja. Mi instan Indonesia sudah diekspor dengan tren yang meningkat termasuk ke pasar non-tradisional. BPS mencatat, volume ekspor mi instan Indonesia tahun 2020 mencapai US$271,337 juta dan menjadi US$227,093 juta di tahun 2021.

Ekspor mi instan Indonesia tahun 2020 sebagian besar ditujukan ke Malaysia (31,40%), diikuti Australia (9,84%), Singapura (4,70%), Amerika Serikat (4,51%) dan Timor Leste (4,25%).

Jadi dapat dikatakan bahwa mi instan dan produk lainnya asal Indonesia memiliki cita rasa tersendiri di kalangan penikmat mi nih ya!



Infografis Terkait