Lihat Semua : infografis

New Normal, Cara Hidup Berdamai dengan Covid-19


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 3.535


Indonesiabaik.id   -   Pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memulai hidup baru dengan mengubah perilaku dan menyesuaikan diri di tengah pandemi COVID-19. Hal tersebut perlu dilakukan karena hanya itu satu-satunya cara untuk berdamai dengan virus corona jenis baru. 

Hidup Berdamai dengan Covid-19

Dalam beberapa waktu terakhir ini banyak masyarakat yang terpaksa harus tidak bisa bekerja akibat dampak COVID-19. Banyak masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan sehingga menimbulkan permasalahan-permasalahan yang kompleks, mulai dari aspek sosial, ekonomi, budaya, hingga pertahanan dan keamanan.

Cara-cara menerapkan kehidupan yang baru adalah tetap melakukan sebagaimana kehidupan normal, yang kemudian diimbangi dengan upaya selalu membiasakan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan tidak keluar rumah.

Contoh Aspek New Normal

Adanya wabah Covid-19 membuat perubahan dalam kebiasaan hidup kita, dari mulai menjaga kesehatan, protokol di luar ruangan hingga proses kerja dan belajar mengajar. Hal tersebut menjadikan sesuatu yang sebelumnya tidak lumrah kini menjadi sebuah kebiasaan yang kita lakukan (New Normal).

Ada beberapa kondisi yang berbeda saat berwisata pasca-pandemi Covid-19 dengan sebelumnya. Semua sarana transportasi akan menerapkan prosedur kebersihan dan kesehatan yang lebih ketat. Layanan penginapan dan restoran akan menerapkan sistem 'self check-in' dan 'self service' kepada konsumen dengan tetap memerhatikan higienitas.

Yang terasa berbeda juga adalah pembatasan jumlah wisatawan. Masyarakat kita menyadari dampak overtourism telah mengganggu kelestarian lingkungan dan keberlanjutan alam. Terbukti saat industri pariwisata vakum selama wabah corona, kondisi sejumlah destinasi wisata yang mengangkat keindahan alam mulai lebih asri.



Infografis Terkait