Lihat Semua : infografis

Operasi Salvage KRI Nanggala 402 Dihentikan


Dipublikasikan pada 6 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 34


indonesiabaik.id - Operasi salvage kapal selam KRI Nanggala-402 oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dibantu oleh angkatan laut negara lain dinyatakan untuk dihentikan.

Terima Kasih kepada AL China

TNI AL menyampaikan terima kasih kepada Angkatan Laut China (People Liberation Army Navy/PLA Navy) yang telah mengirimkan tiga kapalnya yakni PLA Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195, PLA Navy Ocean Salvage & Rescue Yong Xing Dao-863 dan Scientific Salvage Tan Suo 2.

Selama lebih kurang satu bulan, Angkatan Laut China dan TNI AL telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik. Selain itu tim dari China juga berupaya mengumpulkan sebanyak-banyaknya dokumentasi berupa foto dan video serta mengangkat sebagian dari KRI Nanggala yang semua sudah diserahterimakan ke pihak Indonesia.

TNI AL mengakui kegiatan yang sudah dilakukan berkaitan dengan upaya evakuasi KRI Nanggala ini menjadi pengetahuan dan referensi ke depan untuk lebih meningkatkan kerja sama hubungan bilateral antar angkatan laut.

Operasi Salvage KRI Nanggala 402

TNI AL menyebut bahwa operasi salvage KRI Nanggala-402 di kedalaman 838 meter bukan hal yang mudah dan mengandung tingkat risiko serta kesulitan yang sangat tinggi.

Selama pelaksanaan operasi salvage, TNI mengklaim telah dilaksanakan penyelaman sebanyak 20 kali dan berhasil mengangkat material-material penting. Hal ini dinilai sebagai wujud kesuksesan luar biasa dari kinerja tim salvage.



Infografis Terkait