Lihat Semua : infografis

Pemilihan Serentak 2020: Benda Wajib yang Harus Ada di TPS


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.443


Indonesiabaik.id - Komisi Pemilihan Umum mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada saat pencoblosan Pilkada Serentak 2020 yang akan dihelat Desember mendatang. Berbagai aturan dan ketentuan pun disiapkan.

Benda Wajib yang Ada di TPS

KPU akan menyiapkan beberapa benda yang disediakan di TPS pada hari pencoblosan pilkada untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain itu, KPU akan mengatur agar jadwal kedatangan pemilih ke TPS supaya tidak terjadi kerumunan pada saat pencoblosan. 

Adapun 13 benda yang disiapkan KPU di antaranya tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker, sarung tangan plastik untuk pemilih, sarung tangan medis untuk KPPS, masker, tempat sampah, face shield, alat pengukur suhu, dan disinfektan. Nantinya ruangan TPS akan disemprot disinfektan sebelum dan sesudah pencoblosan maupun di tengah proses pencoblosan.

KPU juga berupaya mengantisipasi kerumunan dengan mengatur jadwal kedatangan pemilih yang ke TPS, misalnya ada pemilih yang diminta hadir pada pukul 08.00-09.00 tetapi pemilih lainnya hadir pada jam berbeda. Kemudian TPS juga akan menyediakan tinta yang diteteskan pada jari pemilih.

TPS juga akan menyediakan baju hazmat, pemisahan TPS khusus bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh tingi, dan pengaturan jaga jarak. Selain itu, pada saat penghitungan suara, KPU mengimbau pemilih tak melakukan kerumunan dan menyaksikannya di rumah melalui siaran live streaming.

Selain itu, perlengkapan dalam proses pemungutan suara dipastikan aman karena….

  • Diharuskan membawa alat tulis sendiri agar tidak menggunakan alat tulis bersama dengan banyak orang

  • Disediakan sarung tangan sekali pakai untuk memegang paku saat menyoblos

  • Disediakan masker namun terbatas bagi yang belum pakai saat datang

  • Dilakukan disinfeksi berkala seluruh perlengkapan pemungutan suara di TPS

  • Paku untuk menyoblos disterilisasi berkala



Infografis Terkait