Lihat Semua : infografis

Penuhi Hak Identitas Anak dengan Akta Kelahiran


Dipublikasikan pada 1 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 307


indonesiabaik.id - Salah satu upaya melindungi anak-anak ialah memberikan hak atas identitas anak melalui akta kelahiran.

Kenapa Akta Kelahiran Penting?

Menurut penjelasan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), negara wajib melindungi dan memberikan pengakuan atas status pribadi dan status hukum termasuk kepada anak-anak. Di antaranya membuat akta kelahiran, ialah bentuk perlindungan dan pengakuan negara terhadap status hukum anak tentang identitas nama, tempat dan tanggal lahir, siapa orang tuanya serta kewarganegaraannya.

Berdasarkan Pasal 5 dan 27 UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, setiap anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan yang dituangkan dalam akta kelahiran.

Akta kelahiran dapat dibuat di Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Dukcapil Kecamatan atau desa/kelurahan, dan tempat lain yang melayani urusan kependudukan dan pencatatan sipil.

Bagaimana Jika Anak Tidak Punya Akta?

Menakutkannya, anak yang tidak punya akta kelahiran kurang terlindungi keberadaannya, sebab tidak diakui oleh negara secara hukum.

Hal ini juga berpengaruh kepada masa depannya, dan sulitnya mengakses pelayanan publik. Anak pun jadi rentan tindakan kriminal, di antaranya perdagangan orang, adopsi ilegal, dan perkawinan di bawah umur.



Infografis Terkait