Lihat Semua : infografis

Pernyataan Penting Presiden Republik Indonesia pada Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10


Dipublikasikan pada 25 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 719


indonesiabaik.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin Pertemuan Tingkat Tinggi World Water Forum Ke-10 di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Senin, 20 Mei 2024. 

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menekankan tiga hal sebagai isu Utama. Ada tiga hal yang Indonesia lakukan dengan sangat konsisten untuk terus mendorong komitmen tiap negara dalam menyikapi persoalan air di dunia.

Pertama adalah prinsip solidaritas dan inklusivitas untuk mencapai solusi Bersama, terutama bagi negara pulau kecil dan negara-negara yang mengalami kelangkaan air.

Kedua adalah terkait dengan komitmen untuk memberdayakan hydro diplomacy untuk kerja sama konkret dan inovatif. Dalam hal ini juga termasuk untuk menjauhi persaingan dan dalam pengolaan air lintas batas.

Ketiga, perlu aksi nyata untuk memperkuat political leadership sebagai kunci sukses berbagai kerja sama menuju ketahanan air berkelanjutan.

Karena itu, dalam World Water Forum ke-10 ini Indonesia mengangkat 4 inisiatif baru, yaitu: penetapan World Lake Day, pendirian Center of Excellence di Asia Pasifik, tata kelola air berkelanjutan di negara pulau kecil dan penggalangan proyek-proyek air. 


Ingin tahu lebih banyak mengenai penyelenggaraan World Water Forum ke-10? Yuk baca Worldwaterforumpedia yang dapat diakses melalui s.id/worldwaterforumpedia



Infografis Terkait