Lihat Semua : infografis

Persiapan Diri Sebelum dan Sesudah Vaksinasi


Dipublikasikan pada one year ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 50.681


indonesiabaik.id - Supaya terbentuk kekebalan yang maksimal, persiapan sebelum dan sesudah vaksinasi COVID-19 ada baiknya dilakukan.

Sebelum Vaksinasi

Apabila SohIB termasuk golongan yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin, beberapa hal sebaiknya dilakukan dan dipersiapkan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19, di antaranya;

  • Konsultasi Dokter

Konsultasi ada baiknya dilakukan bagi orang yang memiliki penyakit komorbid, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau infeksi HIV. Salah satu syarat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 bagi penderita penyakit kronis adalah jika kondisinya sehat dan terkontrol dengan pengobatan.

  • Hindari Alkohol

Mengonsumsi alkohol disebut mampu mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Dikarenakan alkohol bisa mengganggu kerja imun, sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh. Sebaiknya, hindari minuman beralkohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi hingga sekitar 2 minggu setelahnya.

  • Hindari olahraga berlebihan

Sebelum vaksinasi, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat atau olahraga terlalu berlebihan, karena hal ini justru bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

 

  • Tidur yang cukup

Beberapa hari sebelum disuntik vaksin COVID-19, usahakan untuk tidak begadang dan cukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7–9 jam setiap malamnya.

 

  • Kelola Stress

Tingkat stre tinggi sangat berpengaruh pada kerja imun. Selain itu, stres berkepanjangan bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.

Sesudah Vaksinasi

Hal yang perlu diperhatikan setelah vaksinasi dilakukan adalah memperhatikan dan mengobati efek samping vaksin. Berbagai jenis vaksin, termasuk vaksin COVID-19, dapat menimbulkan beberapa efek samping ringan seperti nyeri dan bengkak di lokasi suntikan, demam, menggigil, lelah atau tidak enak badan, hingga sakit kepala.

Selagi mempersiapkan vaksinasi kedua, terus lakukan protokol kesehatan dengan baik. Beri asupan gizi yang cukup dan kurangi tingkat aktivitas yang berat. Hal ini karena vaksin COVID-19 harus diberikan dalam 2 dosis agar bisa menghasilkan reaksi imunitas yang optimal terhadap virus Corona.



Infografis Terkait