Lihat Semua : infografis

Peta Jalan Making Indonesia 4.0


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 648


Indonesiabaik.id - Revolusi Industri 4.0 tidak hanya berpotensi luar biasa dalam merombak industri, tapi juga mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Bagi Indonesia, fenomena 4IR memberikan peluang untuk merevitalisasi sektor manufaktur Indonesia dan menjadi salah satu cara untuk menjadi 10 ekonomi terbesar di dunia.

Peta jalan Making Indonesia 4.0

Kementerian Perindustrian telah menyusun inisiatif “Making Indonesia 4.0” untuk mengimplementasikan strategi dan Peta Jalan 4IR di Indonesia. Peta Jalan ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, asosiasi industri, pelaku usaha, penyedia teknologi, maupun lembaga riset dan pendidikan.

Sejalan dengan aspirasi Indonesia, pemilihan sektor prioritas difokuskan pada pertumbuhan ekonomi yang dipicu oleh ekspor. Making Indonesia 4.0” harus memicu tindakan sigap untuk mencapai aspirasi jangka panjang untuk setiap sektor prioritas.

Sektor Prioritas Making Indonesia 4.0

  1. Makanan dan Minuman

Menjadi kekuatan besar di sector makanan & minuman di ASEAN (ASEAN F&B powerhouse)

  1. Tekstil dan Busana

Menjadi produsen functional clothing terkemuka

  1. Otomotif

Menjadi pemain terkemuka dalam ekspor ICE dan EV

  1. Kimia

Menjadi pemain terkemuka di industri biokimia

  1. Elektronik

Mengembangkan kemampuan pelaku industri domestik

Selain itu, ada penambahan farmasi, serta alat kesehatan. Ketujuh sektor ini dipilih karena dapat memberikan kontribusi sebesar 70% dari total PDB manufaktur, 65% ekspor manufaktur, dan 60% pekerja industri.



Infografis Terkait