Lihat Semua : infografis

Provinsi Paling Sering Dilanda HUJAN


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 10.029


Indonesiabaik.id - Sebagai salah satu negara tropis di dunia, Indonesia hanya memiliki dua musim saja sepanjang tahunnya. Kedua musim tersebut adalah musim hujan dan musim kemarau.

Curah Hujan di Indonesia

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dihimpun dalam data Statistik Indonesia 2023 oleh Badan Pusat Statistik, mencatat Indonesia kerap diguyur hujan sejak bulan Agustus hingga Februari.

Rata-rata curah hujan di dalam negeri tercatat sebesar 2.898 milimeter (mm) per tahun pada 2022. Namun, frekuensi hujan di setiap provinsi di dalam negeri berbeda-beda. Pasalnya, ada beberapa provinsi mencatatkan intensitas hujan yang cukup tinggi.

Provinsi Sering Dilanda Hujan

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Sulawesi Utara merupakan provinsi yang paling sering dilanda hujan pada 2022 dimana provinsi tersebut dilanda hujan selama 256 hari sepanjang tahun lalu.

Selain itu, ada Maluku menyusul di urutan kedua lantaran dilanda hujan selama 244 hari. Kemudian, Kalimantan Tengah dan Jawa Barat dilanda hujan masing-masing selama 240 hari dan 239 hari. 

Dilanjut oleh Provinsi Maluku Utara dan Kepulauan Bangka Belitung yang diguyur hujan selama 238 hari dan 234 hari pada 2022. Ada pula, Kalimantan Timur dan Sumatera Barat turut dilanda hujan selama 224 hari dan 223 hari  sepanjang tahun lalu.

Disisi lain, DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling jarang dilanda hujan pada 2022. Tercatat hanya dilanda hujan selama 158 hari sepanjang tahun lalu.



Infografis Terkait