Lihat Semua : infografis

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024


Dipublikasikan pada 18 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 13.215


indonesiabaik.id — Kementerian Perhubungan telah memperkirakan jadwal arus puncak mudik dan arus balik pada Lebaran 2024.

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Hasil Survei Kementerian Perhubungan memperkirakan ada 193,6 juta penduduk yang akan mudik pada Lebaran 2024. Angka tersebut meningkat pesat dibandingkan potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

Menurut hasil Survei, perkiraan puncak hari mudik berdasarkan pilihan masyarakat adalah H-2 atau Senin, 8 April 2024 (dimulainya cuti bersama) dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang (13,7%). Sedangkan perkiraan puncak hari balik adalah H+3 yakni Minggu, 14 April 2024 dengan potensi pergerakan 41 juta orang (21,2%).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan memberlakukan kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang mengakibatkan kepadatan di simpul dan di ruas jalan melalui pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

Upaya yang dilakukan diantaranya dengan melakukan pengaturan waktu mudik, penetapan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang berisiko terjadi kepadatan luar biasa.

“Untuk mengantisipasi potensi lonjakan pergerakan masyarakat tersebut, kami melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama instansi kementerian dan lembaga pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta pihak swasta," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (12/3).
Kalau SohIB pengen tahu info Mudik dan Lebaran 2024, yuk cek s.id/mudikpedia



Infografis Terkait