Lihat Semua : infografis

Rajamala, Maskot ASEAN Para Games 2022


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 953


Indonesiabaik.id - Rajamala resmi dijadikan maskot ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar di Kota Solo mulai 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Keberadaan maskot dalam ajang ASEAN Para Games tentu memiliki peran penting dalam menunjukkan sisi lain dari gelaran olahraga multicabang bagi penyandang disabilitas tersebut.

Siapa Itu Rajamala?

Rajamala merupakan bagian dari Canthik Kapal Kyai Rajamala menjadi salah satu saksi bisu kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, di abad ke-19. Canthik atau hiasan dari kayu jati tersebut dibuat oleh Putra Mahkota Paku Buwono IV Raden Mas Sugandi (KGPAA MANGKUNAGORO III) di masa pemerintahan Paku Buwono IV sekitar tahun 1788-1820.

Dalam kisah pewayangan, Rajamala atau Rodjomolo, adalah tokoh setengah manusia setengah raksasa.

Makna Maskot

Rajamala digambarkan memiliki bentuk wajahnya berwarna merah dengan taring tajam, mata melotot, berambut tebal dan lebat.  Lalu bagian yang mencolok adalah bentuk hidung yang menonjol disertai kumis tebal.

Selain itu, tokoh Rajamala juga dikenal tiada tanding dan disimbolkan sebagai kekuatan untuk menolak bala atau aura negatif. Rajamala juga menjadi pusaka Keraton berbentuk Canthik yang melambangkan kebesaran Keraton Surakarta.



Infografis Terkait