Lihat Semua : infografis

Rencana Pengadaan Calon ASN 2021


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.720


indonesiabaik.id - Pemerintah berencana melakukan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021 yang akan diselenggarakan secara paralel.

Pengadaan CASN 2021

Rencana pengadaan CASN 2021 meliputi 3 jenis seleksi yakni Sekolah Kedinasan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Untuk mengakomodir rangkaian pendaftaran seluruh seleksi ASN, saat ini sedang dikembangkan platform pendaftaran terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Pendaftaran daring untuk seleksi ASN disediakan dalam portal SSCASN yang terbagi menjadi 3 (tiga) platform utama, yang terdiri dari Sistem Seleksi CPNS (SSCN), Sistem Seleksi CPNS melalui Pendidikan Kedinasan (SSCN DIKDIN), dan Sistem Seleksi PPPK (SSP3K). Terkait jadwal pelaksanaan pengadaannya saat ini masih disusun oleh Tim Panselnas CASN 2021.

Formasi CASN 2021

Mengutip rilis Kementerian PANRB, untuk seleksi tahun ini pemerintah membuka formasi untuk guru PPPK dengan jumlah kebutuhannya 1 juta formasi. Dari jumlah itu dapat diisi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, dan lulusan PPG yang tidak mengajar.

Sementara untuk ASN di pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota jumlah kebutuhannya sebanyak 189 ribu formasi CPNS dan PPPK, untuk mengisi jabatan selain guru. Kemudian, untuk ASN pemerintah pusat jumlah kebutuhan sebanyak 83 ribu formasi CPNS dan PPPK.



Infografis Terkait