Lihat Semua : infografis

RT-Lamp, Alat Deteksi Covid-19 Setara RT-PCR


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 3.853


Indonesiabaik.id   -   Mengingat semakin cepat penularan dan jumlah yang terinfeksi virus penyebab COVID-19 (SARS-CoV-2) kian meningkat tajam, rapid test untuk deteksi awal terhadap pandemi COVID-19 merupakan salah satu tindakan yang tepat.

RT-Lamp

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah membuat alat tes virus Corona. Kemampuan alat tes ini setara dengan real time-polymerase chain reaction (RT-PCR) yang selama ini jadi andalan pengetesan COVID-19.

Sampel untuk tes dengan cara RT-LAMP itu dapat menggunakan sampel serum, urin, saliva, swab nasofaring, dan swab orofaring dengan target oligonukleotida virus SARS-CoV-2. Akurasi RT-LAMP lebih tinggi dibanding rapid test karena metode tersebut khusus mendeteksi ada atau tidaknya virus SARS-CoV-2.

Keunggulan RT-LAMP

RT-LAMP mampu memberikan hasil reaksi deteksi virus SARS-CoV-2 dalam waktu satu jam. RT-LAMP memiliki sensitivitas yang sama dengan quantitative reverse transcription PCR (RT-qPCR). RT-LAMP telah digunakan untuk mendeteksi virus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV), Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan influenza. 

Reagen untuk reaksi LAMP juga tersedia dan berbeda dengan yang digunakan pada uji PCR. Selain itu, RT-LAMP mampu menggantikan tes cepat karena RT-LAMP akan lebih akurat dengan langsung mendeteksi virusnya, berbeda dengan alat tes cepat yang mendeteksi COVID-19 berdasarkan antibodi yang terbentuk setelah tujuh hari dari infeksi awal.

Sementara itu, keunggulan RT-LAMP lainnya yakni: 

  1. Akurasi baik, bahkan mendekati RT-PCR 

  2. Harga jauh lebih murah 

  3. Teknik menggunakannya mudah 

  4. Hasil cepat

  5. Bisa dibawa



Infografis Terkait