Lihat Semua : infografis

Seberapa Digital Masyarakat (IMD) Indonesia?


Dipublikasikan pada 26 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 661


Indonesiabaik.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Indeks Masyarakat Digital Indonesia 2022. Indeks ini mengukur skill dan literasi digital masyarakat di berbagai kabupaten/kota Indonesia tahun 2022.

IMD 2022

IMD Indonesia merupakan tindak lanjut inisiatif Indonesia dalam Presidensi G20 yaitu menyusun “Digital Literacy and Digital Skill Toolkit”, sebuah toolkit yang dapat digunakan oleh negara-negara G-20 untuk mengukur kondisi literasi dan keterampilan digital masyarakat di masing-masing negara.

Indeks ini memberikan gambaran kemampuan digital masyarakat Indonesia, infrastruktur digital, hingga serapan teknologi digital di kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. 

Skor Indeks Masyarakat Digital 

Indeks Masyarakat Digital Indonesia mendapat nilai rata-rata 37,8 dari skor maksimum 100. Rata-rata ini didapat dari sejumlah pilar yakni:

  • Pilar Infrastruktur dan Ekosistem : 40,24

  • Pilar Keterampilan Digital : 49,35

  • Pilar Pemberdayaan : 22,06

  • Pilar Pekerjaan : 40,35

Skor IMDI 2022 diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data primer berupa kuesioner yang diisi oleh 16.000 responden masyarakat dan 9.000 responden perusahaan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. 

Sementara data sekunder adalah data yang sudah tersedia seperti jumlah BTS dan infrastruktur lain.

 



Infografis Terkait