Lihat Semua : infografis

Seberapa Kuat Paspor Indonesia?


Dipublikasikan pada 10 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.171


Indonesiabaik.id - Paspor dan visa menjadi bagian dari dokumen penting saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, nyatanya beberapa negara di dunia mengizinkan pengunjung yang bukan warga negaranya untuk masuk tanpa memerlukan visa.

Artinya, orang tersebut hanya butuh paspor untuk memasuki negara tujuan. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh kekuatan paspor masing-masing negara.

Tapi, Seberapa Kuat Paspor Indonesia?

Menurut The Passport Index, kekuatan paspor Indonesia mengantarkannya ke peringkat 56 di dunia tahun 2023. Rinciannya, pemegang paspor Indonesia memiliki akses bebas visa ke 39 destinasi, akses visa on arrival ke 46 destinasi, dan wajib visa ke 110 negara.

Sebelumnya, kekuatan paspor Indonesia mengantarkannya ke peringkat 54 di dunia. Rinciannya, pemegang paspor Indonesia memiliki akses bebas visa ke 42 destinasi, akses visa on arrival ke 45 destinasi, dan wajib visa ke 111 negara.

Nah, ternyata naik-turunnya peringkat paspor ini bukan tanpa alasan. Soalnya, kuat lemahnya paspor suatu negara tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berperan di baliknya. Faktor pertama yakni hubungan timbal balik suatu negara dengan negara lain. Pemberian akses bebas visa kepada suatu negara menandakan adanya hubungan baik antar kedua negara bersangkutan.

Faktor berikutnya ialah jumlah penduduk. Umumnya negara dengan jumlah penduduk yang terlalu padat lebih sulit memperoleh akses bebas visa. Selain itu, faktor keamanan negara juga memengaruhi banyaknya akses bebas visa yang diperoleh dari negara lain.

Gimana dengan Kekuatan Paspor Negara ASEAN?

Peringkat pertama paspor terkuat negara di kawasan Asia Tenggara tahun 2023 diraih oleh Singapura yang memperoleh akses bebas visa dari 131 negara di seluruh dunia. Pada tingkat global, Singapura menempati posisi ke-5

Kemudian, peringkat ke-2 di Asia Tenggara diraih oleh Malaysia dengan total 121 negara yang memberikan akses bebas visa untuk dikunjungi. Berikutnya, Brunei Darussalam menyusul di peringkat ke-3 di Asia Tenggara.

Lanjutnya, ada juga Thailand yang memiliki akses bebas visa ke 42 negara yang kemudian disusul oleh Indonesia. Wah, ternyata hebat ya Indonesia bisa masuk peringkat 5 besar.



Infografis Terkait