Lihat Semua : infografis

Segera Hadir Layanan 5G di Indonesia


Dipublikasikan pada 20 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 271


indonesiabaik.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan, saat ini Pemerintah tengah mempercepat rencana penggelaran jaringan 5G di Indonesia.

5G jadi Game Changer

Menteri Johnny menyatakan, jaringan 5G akan menjadi game changer atau pengubah permainan dengan dampak yang luas pada konektivitas di Indonesia. Bahkan, jaringan 5G diklaim menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

“Kami percaya bahwa kami harus bekerja keras untuk melaksanakan tugas besar kami dalam mengadopsi teknologi baru, untuk meningkatkan produktivitas kami melalui jaringan 5G dalam waktu dekat,” tegasnya.

Alokasi Spektrum 5G

Menteri Kominfo menegaskan, Pemerintah saat ini sedang berupaya untuk mempercepat inisiatif alokasi spektrum 5G. Upaya itu dinilai penting untuk memenuhi kebutuhan spektrum frekuensi 2.047 MHz guna pemanfaatan jaringan seluler broadband baik 4G maupun 5G pada 2024 di semua lapisan.

Pemerintah Indonesia telah melakukan 10 uji coba penerapan jaringan 5G sepanjang 2017-2019. Uji coba itu ditujukan untuk mempelajari potensi aplikasi dan kasus penggunaan layanan 5G.

5G Terbatas dan Bertahap

Indonesia sendiri menyadari bahwa upaya penerapan jaringan 5G akan menuntut belanja modal yang besar khususnya untuk penyediaan small-cell densification 5G serta ekosistem digital yang canggih. Oleh karena itu, Menteri Kominfo menyatakan ibu kota negara baru Indonesia ini akan menjadi kota kandidat terbaik dan potensial untuk menerapkan 5G pertama di Indonesia.

Selain Ibu Kota baru/Ibu Kota Negara (IKN), eilayah lain yang akan secara terbatas diterapkan sinyal 5G yaitu enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa, lima destinasi wisata superprioritas dan satu industri manufaktur. Sehingga, jumlah yang terbatas itu sebanyak 13 wilayah dengan target rampung pada 2024 mendatang.

 

Roadmap 5G Nasional

Pergelaran akan dilakukan secara bertahap dan pada tahap awal terbatas di sejumlah titik. Pemerintah saat ini juga tengah menyiapkan aturan tambahan soal pengelolaan jaringan 5G yang memuat lima aspek: regulasi, spektrum frekuensi radio, model bisnis, infrastruktur, ekosistem, perangkat, dan talenta digital.

Tahun 2021 ini, Kemkominfo menyiapkan roadmap 5G nasional. Tahun berikutnya, menyiapkan regulasi atau kebijakan, serta percepatan 5G. Pada 2023, menyiapkan 11 lokasi dan setahun kemudian menjadi total 13 lokasi.



Infografis Terkait