Lihat Semua : infografis

Selamat! Jakarta Terpilih Jadi Kota Sastra Dunia


Dipublikasikan pada 9 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 246


indonesiabaik.id - UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) memilih Jakarta sebagai Kota Sastra dunia, 8 November 2021.

Fakta Seputar Ibu Kota

Ibu kota negara RI masuk salah satu dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif dunia (UNESCO's Creative City Network) tahun 2021. Dalam hal ini, Jakarta ialah menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang terpilih sebagai kota sastra dunia.

Pemilihan itu berdasarkan kategori bahwa Jakarta sebagai kota, telah memiliki sejarah panjang dan memiliki potensi besar untuk peningkatan dan pengembangan sastra dan literasi.

Jakarta Pusat Penting Literasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rasa bangga atas pemilihan UNESCO tersebut. Ia mengatakan pentingnya pembangunan infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan secara beriringan.

Anies mengatakan, dari masa ke masa, Jakarta memiliki sejarah panjang dalam hal literasi. Sejak periode kerajaan, kolonial, awal kemerdekaan, hingga sekarang, Jakarta menjadi pusat penting perbukuan dan literasi.

Pemilihan Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia ini diharapkan dapat berlanjut untuk dikembangkan di masa mendatang.



Infografis Terkait