Lihat Semua : infografis

Sering Dapat Tawaran Pinjaman Lewat SMS?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.984


indonesiabaik.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan terkait tawaran pinjaman online (pinjol) yang kerap masuk baik lewat SMS atau pesan WhatsApp (WA) itu merupakan pinjol ilegal.

Yang Perlu Dilakukan

OJK menjelaskan, fintech lending legal atau yang terdaftar di OJK dilarang melakukan pemasaran produk melalui pesan singkat baik lewat SMS maupun WA tanpa persertujuan dari konsumen. Oleh karenanya, masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti sejumlah langkah pencegahan agar tidak terjerat utang kepada pinjol ilegal.

OJK meminta masyarakat menghapus pesan dan memblokir nomor telepon yang menawarkan pinjaman online lewat SMS atau WA. Sebab OJK memastikan, tawaran tersebut datang dari pinjol ilegal. Tak hanya itu, hindari juga membalas dan mengklik tautan serta menghubungi kontak yang yang ditawarkan untuk melakukan pinjaman.

Cek Data

OJK meminta masyarakat untuk selalu mengecek legalitas pinjol ke OJK sebelum mengajukan pinjaman. Legalitas pinjol dapat diakses melalui kontak OJK di nomor 157, kontak WhatsApp nomor 081157157157, email konsumen@ojk.go.id, dan website www.ojk.go.id.

Berdasarkan data terbaru, saat ini hanya terdapat 125 fintech lending terdaftar dan memiliki izin dari OJK.



Infografis Terkait