Lihat Semua : infografis

Siaga Bencana dengan Fitur EWS Siaran Digital


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 803


indonesiabaik.id - Salah satu keuntungan beralihnya siaran analog ke siaran digital adalah tersedianya fitur canggih peringatan dini bencana atau Early Warning System (EWS).


Siaran TV analog di Indonesia akan digantikan menjadi siaran TV digital, berlaku paling lambat 2 November 2022. Siaran TV Digital memiliki keunggulan gambar bersih, suara jernih, dan dilengkapi teknologi canggih. ⇛ Baca Panduan Lengkap Migrasi TV Digital atau Analog Switch Off (ASO) di tautan linktr.ee/migrasitvdigital


 

Mengurangi Risiko Kerugian Akibat Bencana

Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah menjadi pusat data diseminasi informasi bencana dalam menyebarkannya lewat sistem telekomunikasi seperti sms blast.

Namun, arah kedepan, fitur EWS pada siaran tv digital memberikan informasi dini pada pesawat televisi yang ada di rumah tentang adanya bencana.

Fitur ini menjadi bentuk persiapan masyarakat dalam menghadapi bencana, sekaligus bentuk dukungan terhadap implementasi dan upaya mempercepat realisasi implementasi siaran TV digital di Indonesia.

Sehingga, masyarakat bisa siaga atau bersiap untuk menghindari bahaya bencana dan atau menyelamatkan diri sehingga korban jiwa dapat diminimalisir.

Fitur EWS dalam STB ataupun TV Digital diklaim bisa memperkokoh saluran komunikasi. Sebab, salah satu infrastruktur yang lumpuh saat bencana adalah telekomunikasi. Sehingga, keberadaan EWS melengkapi beragam sarana komunikasi yang sudah ada.

 

Pentingnya Mengisi Kode Pos dengan Benar

Saat nanti sistem EWS sudah terbangun dalam siaran digital, masyarakat perlu memperhatikan saat pengaturan pertama kali perangkat siaran TV Digital, baik itu STB ataupun TV Digital. Salah satunya, pentingnya memasukan kode pos dengan benar. 

Pengisian kode pos ini penting, sebab pengiriman sinyal EWS nantinya akan didasarkan pada tempat piranti digital itu berada yang dideteksi dari kode pos. EWS hanya mengirimkan sinyal peringatan pada daerah spesifik berdasarkan lokasi bencana dan daerah yang terdampak.

Jadi, ketika ada bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami, seluruh siaran TV digital akan terhenti sementara, berganti dengan siaran peringatan dini bencana.



Infografis Terkait