Lihat Semua : infografis

Siap-Siap! Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Juni 2020


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 810


Indonesiabaik.id   -   Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan tanggal pendaftaran untuk sejumlah Perguruan Tinggi atau Sekolah Kedinasan untuk tahun ajaran 2020/2021. 

Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Sekolah Kedinasan menjadi yang paling diminati oleh calon mahasiswa. Pasalnya, Sekolah Kedinasan yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan ini menawarkan ikatan dinas bagi para lulusan.

Dalam Surat Menteri PANRB terbaru Nomor B/435/M.SM.01.00/2020 disebutkan sejumlah kementerian/lembaga yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan. Pelaksanaan seluruh kegiatan pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan ini akan tetap memperhatikan perkembangan pandemi Covid-19. Sehingga, tahapan demi tahapan rangkaian ini diselenggarakan tetap dengan memperhatikan pedoman serta protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ketentuan Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Kemenpan RB juga menjelaskan sejumlah ketentuan tentang jadwal kegiatan penerimaan mahasiswa baru 2020, yakni: 

  1. Seluruh kegiatan sebagaimana tertera di atas diselenggarakan dengan memerhatikan Pedoman dan/atau Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang ditetapkan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

  2. Jadwal kegiatan sebagaimana yang dimaksud dapat dilakukan penyesuaian apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah tentang Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan dimaksud.

  3. Rencana kegiatan perkuliahan diatur oleh masing-masing kementerian/lembaga dengan memerhatikan perkembangan pemberlakuan/perubahan Status Keadaan tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia pada saat itu.

Jadwal Pendaftaran

Adapun rencana jadwal pendaftaran dan seleksi akan dibagi menjadi empat tahap. Pertama, pengumuman pendaftaran direncanakan dimulai pada 1 Juni 2020 yang dilanjutkan dengan proses pendaftaran di portal SSCASN-BKN pada tanggal 8 hingga 23 Juni 2020.

Tahap ketiga yakni pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dijadwalkan terlaksana pada rentang bulan Juli 2020. Seleksi terakhir, yakni pelaksanaan seleksi lanjutan untuk kemudian diatur oleh masing-masing kementerian dan lembaga pengelola sekolah kedinasan.



Infografis Terkait