Lihat Semua : infografis

Singkatan Nama Pahlawan Indonesia, Sudah Tau?


Dipublikasikan pada 12 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 300


indonesiabaik.id - Banyak nama-nama pahlawan Indonesia yang ternyata memiliki nama kepanjangan atau singkatan.

Singkatan Nama Pahlawan Indonesia

  • MH Thamrin

Pahlawan yang satu ini memiliki singkatan nama Mohammad Hoesni Thamrin. Beliau merupakan seorang politisi dan aktivis kemerdekaan. MH Thamrin dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1960 silam.

  • WR Supratman

Seorang komposer lagu kebangsaan Indonesia Raya ini memiliki singkatan nama Wage Rudolf Supratman. Beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah Indonesia pada 1971.

  • HOS Cokroaminoto

Memiliki singkatan nama yaitu Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Beliau merupakan seorang politisi dan pemimpin pertama Sarekat Islam. HOS Cokroaminoto dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1961.

  • M.T. Haryono

Letnan Jenderal TNI yang satu ini memiliki nama singkatan Mas Tirtodarmo Haryono, merupakan salah satu pahlawan revolusi Indonesia yang terbunuh pada peristiwa G30SPKI. Beliau adalah satu dari tujuh pahlawan revolusi Indonesia yang meninggal pada tragedi lubang buaya dan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1965.

  • T.B. Simatupang

Seseorang yang pernah ditunjuk oleh Presiden Soekarno sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia setelah Panglima Besar Jenderal Soedirman ini memiliki nama singkatan Tahi Bonar Simatupang. Seorang tokoh militer dan tokoh Gereja di Indonesia yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 2013.

  • H.R. Rasuna Said

Seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia sekaligus pejuang hak asasi wanita ini memiliki nama singkatan Hajjah Rangkayo Rasuna Said. Beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1974.

  • G.S.S.J. Ratulangi

Seorang politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara ini memiliki singkatan nama Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi. Tokoh yang juga sering disebut sebagai tokoh multidimensional ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 1974.

  • Buya Hamka

Seorang ulama, filsuf, dan sastrawan yang tercatat dalam sejarah turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada masa Revolusi memiliki nama singkatan Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 2011.



Infografis Terkait