Lihat Semua : infografis

Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 2.999


Indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) melalui akun instagram resminya mengingatkan bahwa orang yang sudah divaksinasi masih bisa terpapar Covid-19. Pasalnya, hal ini sempat terjadi di beberapa kasus di luar negeri.

Mengapa Itu Bisa Terjadi?

Menurut Kementerian Kesehatan, vaksin Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan, dan butuh waktu satu bulan untuk menciptakan kekebalan yang efektif bagi tubuh. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal dan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

Membangun Antibodi

Kemudian, vaksin membutuhkan waktu 14-28 hari setelah penyuntikan kedua untuk membangun jumlah antibodi yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal. Disisi lain, vaksin Covid-19 telah teruji keamanan, mutu, khasiat dan kehalalannya.

Vaksin Terbukti Aman

Vaksin juga dikembangkan menggunakan metode inactivated vaccine, yang telah terbukti aman, tidak menyebabkan infeksi serius serta hampir tidak mungkin menyebabkan seseorang terinfeksi. Namun begitu adanya vaksinasi ini akan dapat mengurangi kemungkinan sakit berat karena Covid-19.

Tetap Mematuhi Prokes

Oleh karena itu,  Kemenkes juga mengimbau agar masyarakat tidak lupa mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 meski program vaksinasi telah berjalan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.



Infografis Terkait