Lihat Semua : infografis

Surga Nyata Segitiga Karang Dunia Ada di Wakatobi


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 414


Indonesiabaik.id - Wakatobi merupakan satu dari sekian banyak wilayah indah Indonesia, di Provinsi Sulawesi Tenggara yang terkenal akan tempat wisatanya. Tidak hanya itu, kabupaten Wakatobi juga dikenal dengan slogan “Surga Nyata Bawah Laut Dipusat Segitiga Karang Dunia”.

Wakatobi Surga Laut Indonesia

Wakatobi pada 2016 ditetapkan pemerintah menjadi salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Destinasi prioritas lainnya adalah Borobudur, Danau Toba, Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru; Pulau Komodo, Pulau Seribu, Tanjung Kelayang, Mandalika, Wakatobi, Morotai, dan Tanjung Lesung.

Data dari Taman Nasional Wakatobi memperlihatkan mengapa Wakatobi layak dijadikan destinasi pariwisata prioritas. Dari 820 jenis karang yang ada di dunia, 750 jenis karang di antaranya ada di Wakatobi. Dengan demikian, 90 persen jenis karang di dunia terdapat di Wakatobi loh!

Di Wakatobi juga terdapat suku Bajo yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas laut. Keunikan adat budaya mereka memiliki daya tarik yang luar biasa. Bahkan, potensi keunikan wisata laut dan budaya tersebut mengantarkan Wakatobi ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Bumi Ke-8 di Indonesia oleh UNESCO pada 2012.

Kepulauan Wakatobi terdiri atas empat pulau yaitu Pulau Binongko, Pulau Tomia, Pulau Kaledupa, Pulau Wangi-wangi. Selain itu, beberapa obyek wisata yang menarik, di antaranya Pantai Kaluku, Pantai Moli’i Sahatu, Pantai Jodoh, Pantai Melai One, Pantai Waikesa, Pantai Sousu, dan Pantai Waha atau Pantai Cemara.

Keunikan wisata di Wakatobi menjadi daya penarik bagi ”gerbong” wisata di kawasan Indonesia bagian timur. Pengembangan wisata di Wakatobi juga berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.



Infografis Terkait