Lihat Semua : infografis

Tahura Mangrove Ngurah Rai Contoh Keberhasilan Restorasi Berkelanjutan Indonesia


Dipublikasikan pada 25 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 245


indonesiabaik.id - Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai menjadi salah satu hasil konkret keberhasilan Indonesia dalam melakukan restorasi mangrove. Memiliki luas 1.300 hektare, Tahura Mangrove Ngurah Rai menjadi rumah bagi 33 spesies mangrove dan 300 spesies fauna.

World Water Forum ke-10 menjadi kesempatan menunjukkan ke dunia, Indonesia sudah berhasil merestorasi mangrove yang banyak manfaat baik bagi manusia dan ekosistem sekitarnya.

Ada tiga fungsi jasa lingkungan mangrove. Pertama, habitat and nursery function di mana mangrove menjadi habitat tempat berlindung dan berkembangbiaknya berbagai jenis fauna dan biota laut. 

Kedua, coastal protection and erosion control yang akan menjadi buffer zone dalam menstabilisasi sedimen dan purifikasi air, perlindungan garis pantai, erosi, mitigasi bencana seperti tsunami dan badai.

Ketiga sebagai nutrient cycling and carbon sequestration. Mangrove dalam banyak penelitian memiliki kemampuan untuk menyimpan huge stocks of carbon, baik di atas permukaan maupun di bawah permukaan yang jauh lebih besar dibandingkan kemampuan menyimpan karbon di hutan-hutan terrestrial.

Ingin tahu lebih banyak mengenai penyelenggaraan World Water Forum ke-10? Yuk baca Worldwaterforumpedia yang dapat diakses melalui s.id/worldwaterforumpedia



Infografis Terkait