Lihat Semua : infografis

Tak Perlu Ganti Kartu, Nikmati Koneksi 20x Lebih Cepat


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 3.552


Indonesiabaik.id - Koneksi jaringan 5g di Indonesia kini semakin nyata. Telkomsel resmi menjadi operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G secara komersil di Indonesia pada Kamis (27/5/2021). Jaringan internet generasi ke-5 tersebut baru bisa dinikmati pelanggan di enam wilayah tertentu.

Lalu, bagaimana cara menikmati jaringan internet 5G dari Telkomsel?

Untuk menggunakan jaringan 5G, pengguna tak perlu mengganti kartu SIM baru karena bisa dipakai dengan kartu SIM 4G. Meskipun menggunakan infrastruktur 4G, jaringan 5G Telkomsel saat ini diklaim jauh lebih kencang, dengan kecepatan download mencapai kisaran 750 Mbps.

Selain itu, pengguna harus menggunakan smartphone yang sudah kompatibel dengan jaringan 5G Telkomsel atau di rentang pita frekuensi N40 (2.300-2.400 MHz). Jaringan 5G yang diusung Telkomsel adalah non-standalone (NSA), bukan infrastruktur jaringan 5G baru, atau standalone (SA).

Lalu, yang tak kalah penting adalah kamu harus berada di enam wilayah residensial yang memiliki jaringan 5G pertama di Indonesia yaitu Alam Sutera (Banten), Bumi Serpong Damai/BSD (Banten), Kelapa Gading (Jakarta), Pantai Indah Kapuk/PIK (Jakarta), Pondok Indah (Jakarta), dan Widya Chandra (Jakarta).

Terakhir, syarat penggunakan layanan Telkomsel 5G adalah menggunakan SIM card USIM. Pelanggan yang sudah menggunakan layanan Telkomsel 4G bisa dipastikan dapat menggunakan layanan 5G.

Pelanggan dapat menghubungi petugas layanan Telkomsel untuk memastikan apakah SIM card yang digunakan sudah sesuai yaitu dengan melakukan pengecekan USIM, bisa melalui menu “Cek kartu” di * 888*47#. Sedangkan jika pelanggan belum menggunakan USIM, maka pelanggan bisa melakukan migrasi kartu.



Infografis Terkait