Lihat Semua : infografis

Takaran Minum Kopi yang Baik dan Aman


Dipublikasikan pada 9 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 247


indonesiabaik.id - Apa saja yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, hal ini berlaku juga untuk batas konsumsi kopi dalam sehari.

Berapa takaran yang baik?

Melansir Telemedisin HelloSehat, dalam penelitian yang dilakukan Mayo Clinic menyebutkan, bahwa batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 miligram (mg). Jumlah ini kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi atau 2 gelas minuman berenergi. Meski begitu, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi 4 cangkir per hari tergolong berlebihan.

Dalam jurnal juga disebutkan, konsumsi minuman berkafein juga dapat berdampak buruk bagi anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Mereka harus membatasi asupan kafein tidak lebih dari 200 miligram per hari (setara 2 cangkir kopi). Maka baiknya kita harus membatasi asupan kopi agar tidak melebihi 2 – 3 cangkir setiap hari.

Hati-hati mengonsumsi kopi

Takaran mengonsumsi kopi di atas merupakan batas rata-rata yang belum tentu berlaku bagi semua orang. Sebab, pada dasarnya tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Apalagi, misalnya, sesorang mengidap penyakit yang bisa berbahaya jika terkena kandungan kafein seperti penyakit jantung dan hipertensi. Kendati belum ada bukti kuat yang dapat menghubungkan tekanan darah tinggi dengan kopi, kebiasaan ini mungkin bisa memperparah kondisi hipertensi.

Bahkan jika saja satu cangkir kopi bisa menimbulkan efek yang sangat mengganggu, seperti sakit perut atau sakit sesak, ada baiknya menghindari konsumsi kopi. Faktor genetik juga mempengaruhi konsumsi kopi. Perbedaan genetik dalam tubuh seseorang bisa memengaruhi kerja enzim dan akhirnya ikut berdampak pada metabolisme kafein dalam tubuhnya.



Infografis Terkait