Lihat Semua : infografis

Tetap Tenang Hadapi Banjir


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 478


indonesiabaik.id - Kita harus waspada saat hujan turun dengan intensitas tinggi, sebab hal ini seringkali bisa mengakibatkan banjir.

Siaga Hadapi Banjir

Saat banjir datang hingga menyebabkan masyarakat untuk melakukan evakuasi, maka menyelamatkan hal-hal yang penting di dalam rumah perlu segera dilakukan.

Yang perlu terus dipantau adalah mengikuti terus informasi banjir secara berkala melalui semua kanal, baik sosial media, televisi, radio hingga pengumuman dari warga.

Kemudian, cabut atau matikan semua jaringan listrik yang ada di rumah, seperti misalnya TV, kulkas, dan lainnya. Segera amankan barang penting ke tempat yang lebih tinggi agar tidak sampai terendam banjir.

Saat melakukan pengamanan barang di rumah, pastikan tidak sampai menyentuh alat yang bermuatan listrik ketika sedang berdiri di atas/dalam air.

Jika kondisi banjir mengharuskan untuk meninggalkan rumah, maka segera evakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Waspada terhadap arus bawah, saluran air, kubangan, dan tempat-tempat lain yang tergenang air.

Usahakan jangan sampai berjalan di arus air karena amat membahayakan. Sebaiknya, berjalanlah pada pijakan yang tidak bergerak. Kemudian, ketika melakukan evakuasi, hindari mengemudikan mobil/motor/sepeda di wilayah banjir.



Infografis Terkait