Lihat Semua : infografis

THR 2021: Siapa yang Berhak Menerima dan Berapa Besarannya?


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 403


Indonesiabaik.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) resmi mengeluarkan aturan pemberian tunjangan hari raya (THR) keagamaan pada Senin (12/4/2021). Aturan pemberian THR bagi pekerja dan buruh ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor M/6/HK.04/IV/2021.

Siapa Saja yang Berhak Mendapat THR?

Kemenaker mewajibkan pengusaha untuk memberi THR penuh. THR keagamaan diberikan kepada pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak).

Besaran THR

Berdasarkan pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, berikut ini besaran THR 2021 yang diatur oleh Kemnaker:

Pekerja upah bulanan

  • Bagi Pekerja/Buruh yang memiliki masa kerja 12 bulan terus menerus atau lebih, maka THR akan diberikan sebesar satu bulan upah.
  • Pekerja/Buruh yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus, tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan:

                      masa kerja x 1 bulan upah

                                        12

Bagi Pekerja/Buruh berdasar Perjanjian Kerja Harian Lepas

  • Pekerja/Buruh yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, diberikan 1 bulan upah berdasar pada ratarata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir.
  • Pekerja/Buruh yang mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, diberikan 1 bulan upah berdasarkan ratarata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.



Infografis Terkait