Lihat Semua : infografis

Tips Aman Ganti Nomor HP


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Alfin Ardian /   View : 1.362


Indonesiabaik.id - Simcard atau nomor kartu seluler ternyata bisa menjadi celah pelaku kejahatan melancarkan aksinya. Oleh karena itu jangan sembarangan mengganti nomor kartu seluler.  Jika hendak melakukan penggantian nomor, sebaiknya mengikuti tips-tips aman.

Tips Aman Ganti Nomor

Beberapa hal yang perlu dicek sebelum mengganti nomor ponsel, pertama, pastikan nomor tersebut tidak lagi digunakan untuk verifikasi kode OTP. Nomor bersangkutan juga sebaiknya tak terhubung dengan akun di aplikasi manapun, serta tidak terkoneksi dengan layanan bank dan fintech

Jika sudah siap untuk membeli nomor baru, pastikan membelinya di tempat yang terpercaya, seperti gerai resmi. Selanjutnya, hindari memberikan nomor yang baru ke sembarang pihak. 

Oleh karena itu, literasi digital menjadi penting untuk kita pahami selaku pengguna aktif internet dan ponsel khususnya smartphone. Keterampilan cakap digital, budaya digital, keamanan digital, dan etika digital dapat membantu masing-masing individu untuk menggunakan gawai secara lebih bijaksana.



Infografis Terkait