Lihat Semua : infografis

Tips Aman Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 334


Indonesiabaik.id - Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sudah banyak diproduksi di indonesia. Namun, sebenarnya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) telah kantongi izin dari Badan POM dan LPPOM MUI terkait kualitas dan kehalalan produknya.

Meski begitu, masyarakat harus tetap mewaspadai keberadaan minuman-minuman air mineral bodong atau AMDK ilegal. Lalu bagaimana kiat aman mengonsumsi AMDK?

Tips Aman Konsumsi AMDK

  1. Pastikan Informasi sumber mata air

Produk AMDK yang bagus adalah yang mencantumkan sumber airnya. Air mineral yang kerap sudah dijamin kualitasnya adalah yang berasal dari gunung atau air bawah tanah

 

  1. Cek standarisasi yang diterapkan dalam proses produksi hingga distribusinya

Pastikan produk air minum kemasan yang Anda adalah produk air minum yang telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal oleh LPPOM MUI. 

 

  1. Perhatikan kondisi kemasannya 

Pastikan AMDK yang hendak Anda konsumsi dalam kondisi baik, tidak bocor, masih tersegel dengan rapat dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. 

 

  1. Perhatikan warna, rasa dan bau airnya

Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau, tidak memiliki rasa.

 

  1. Cek masa kadaluwarsanya

Tidak seperti air minum yang dimasak, air mineral kemasan memiliki masa kedaluwarsa. Sebelum membelinya, cek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. 



Infografis Terkait