Lihat Semua : infografis

Tips Berkendara Hemat BBM


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 790


indonesiabaik.id - Saat harga BBM naik, teknik berkendara secara Eco Driving bisa jadi solusi menghemat bahan bakar kendaraan.

Bagaimana cara hemat BBM?

Teknik mengemudi aman, nyaman, efisien, dan ramah lingkungan atau biasa disebut Eco Driving, bisa jadi solusi menghemat bahan bakar kendaraan.

Eco Driving bisa jadi solusi sekaligus memberikan manfaat ekonomi, sosial, keamanan dan lingkungan.

Survei Kementerian LHK menyebut, selama 8 tahun percobaan Eco Driving, rata-rata bisa menghemat 10-25 persen bahan bakar.

Selain hemat bahan bakar, Eco Driving bisa menjadi upaya mendukung program peningkatan kualitas udara khususnya di wilayah perkotaan. Sebab, dengan berkurangnya tekanan penggunaan bahan bakar, maka akan hemat energi, yang kemudian diharapkan akan menghasilkan emisi yang rendah untuk udara yang lebih baik dan bersih.

Bagaimana yang bisa dilakukan dengan Eco Driving?

Banyak teknik penggunaan kendaraan yang bisa dilakukan untuk tercipta Eco Driving. Salah satunya menggunakan bahan bakar yang sesuai. Cobalah membuka gas secara perlahan atau tidak agresif saat berkendara. Jaga selalu kecepatan konstan berkendara, dan sebisa mungkin, hindari pengereman yang tidak perlu.

Sebelum menggunakan kendaraan, cek tekanan ban dalam kondisi normal. Sebab, keadaan ban yang normal tidak akan membuat beban energi semakin berat. Selain itu, tidak perlu sering-sering memanaskan motor.

Kemudian, hindari membawa barang melebihi kapasitas atau overload yang akan membuat beban kendaraan semakin berat. Perawatan berkala juga penting dilakukan seperti penggantian oli dan pembersihan filter udara.



Infografis Terkait