Lihat Semua : infografis

Top 20 Universitas Terbaik di Asia Tenggara


Dipublikasikan pada 6 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Muhammad Mulyadi /   View : 553


Indonesiabaik.id - Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2025 mengeluarkan peringkat universitas terbaik dunia tahun 2025. Di tahun ini, QS WUR memasuki edisi ke-21 dengan lebih dari 1.500 institusi yang ada pada daftar.

Hasil pemeringkatan QS WUR 2025 didasarkan pada analisis indikator dengan data dari 17.5 juta karya ilmiah dan opini 240.000 staf akademik serta pemberi kerja. QS WUR tahun ini juga menekankan aspek layak kerja dan keberlanjutan.

Deretan Univeristas Terbaik Asia Tenggara

Dalam daftar 10 universitas terbaik dunia, QS WUR menempatkan National University of Singapore (NUS) sebagai satu-satunya universitas Asia, tepatnya di peringkat 8. Bila dilihat pada daftar kampus terbaik di Asia, NUS bertengger di peringkat pertama dalam daftar universitas terbaik di Asia. 

Disusul Nanyang University (NTU) dari Singapura pada peringkat 15 dunia. Sedangkan, universitas dari Indonesia, yaitu Universitas Indonesia ada di peringkat 206 di antara universitas dunia lainnya di daftar QS WUR 2025. 

UI masuk di peringkat 206 universitas terbaik dunia dengan skor 45,7. Sedangkan di Indonesia, skor UI menjadi yang tertinggi di antara universitas lain, mengungguli Universitas Gadjah Mada (UGM) dan ITB.  

Penilaian QS World University 2025

Sebagai informasi, Tahun ini, QS mengevaluasi 5.663 universitas yang berasal dari 106 wilayah. Dari seluruh universitas tersebut, QS merilis penilaian terhadap lebih dari 1.500 institusi dengan 21 peserta baru.

Pada edisi ke-21 ini, penilaian pemeringkatan menekankan pada kelayakan kerja dan keberlanjutan, serta didasarkan pada analisis 17,5 juta makalah akademis dan pendapat ahli lebih dari 240.000 dosen akademik dan pemberi kerja.

Selain itu, pada edisi 2025, QS WUR juga melakukan perubahan dalam metodologi yang memprioritaskan isu-isu terkait mahasiswa, seperti keberlanjutan dan kelayakan kerja. Perubahan inovatif tersebut sekaligus menggarisbawahi pertumbuhan pengaruh dan komitmen QS untuk beradaptasi dengan perubahan lanskap sektor pendidikan tinggi.



Infografis Terkait