Lihat Semua : infografis

Transportasi Mudik Lebaran 2023 Pilihan Masyarakat


Dipublikasikan pada 9 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 704


Indonesiabaik.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan, jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang pada Lebaran 2023. Jumlah itu mengalami kenaikan 14,2% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 85,5 juta orang

Kenaikan jumlah pemudik itu salah satunya karena penghapusan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring melandainya pandemi Covid-19. Di samping itu, perekonomian Indonesia dinilai semakin membaik. 

Transportasi Pilihan Pemudik

Berdasarkan moda transportasinya, sebanyak 27,32 juta pemudik diproyeksikan menggunakan mobil pribadi pada Lebaran 2023. Jumlah tersebut setara dengan 22,07% dari total pemudik. Sebanyak 25,13 juta pemudik diperkirakan pergi ke kampung halamannya menggunakan sepeda motor.

Kemudian, pemudik yang akan memakai bus diproyeksikan sebanyak 22,77 juta orang. Ada pula 14,47 juta orang yang akan mudik menggunakan kereta api antarkota pada Lebaran 2023. Sementara, pemudik yang menyewa mobil sebanyak 9,53 juta orang.

Provinsi Tujuan Pemudik

Untuk tujuan utamanya, pemudik paling banyak pergi ke Jawa Tengah, yakni 32,75 juta orang. Sebanyak 24,6 juta orang bakal mudik ke Jawa Timur. Ada pula 20,72 juta pemudik yang pergi ke Jawa Barat. Sedangkan, pemudik yang menuju Jabodetabek dan Yogyakarta masing-masing sebanyak 8,07 juta orang dan 5,9 juta orang.

Sekadar informasi, survei ini dilakukan secara daring (online), yang mulai dari perencanaan dan analisis hasil surveinya dilakukan bekerja sama dengan kalangan akademisi dan pakar transportasi.

Adapun pelaksanaan survei ini telah memperhatikan berbagai faktor antara lain: sosiologis, ekonomi, budaya, dan dinamika yang terjadi di masyarakat, serta perubahan kebijakan dan regulasi terkait dengan penanganan kondisi Covid-19 yang semakin membaik.



Infografis Terkait