Lihat Semua : infografis

Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.787


indonesiabaik.id - Kereta api cepat Jakarta-Bandung akan menjalani uji dinamis pada rangkaian gelaran KTT G20.

Rangkaian Uji Coba Kereta Cepat J-B

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengklaim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan bersiap untuk uji dinamis jelang gelaran KTT G20.

Disebut-sebut, pada gelaran G20 November nanti, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan ditinjau oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping. Keduanya presiden itu, akan melihat kecanggihan teknologi Electric Multiple Unit atau EMU.

Uji dinamis kereta inspeksi akan dilakukan dengan kecepatan terbatas yakni hanya 80 kilometer (km) per jam pada jarak sepanjang 15 km dari Kopo, Kota Bandung menuju Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Dalam rangkaian uji dinamis nantinya, operasi pelaksanaanya masih terbatas pada sisi jarak maupun peserta yang berada di dalam kereta inspeksi.

Spesifikasi Kereta Cepat J-B

Melansir laman KCIC per 24 Oktober 2022, desain dari kereta cepat ini adalah KCIC 400AF dengan bentuknya yang terinspirasi dari Komodo, yaitu hewan asli Indonesia. Selain itu, bagian interior KCIC 400AF pun dihiasi dengan ornamen batik Mega Mendung khususnya di bagian kursi penumpang.

Adapun rangkaian kereta cepat ini disebut-sebut ada 8 kereta dan akan dibagi menjadi beberapa kelas, mulai dari VIP Class, First Class, hingga Second Class. Untuk para penumpang difabel, KCIC 400AF juga menyediakan gerbong khusus penyandang disabilitas dengan ruang yang lebih luas untuk pengguna kursi roda.



Infografis Terkait