Lihat Semua : infografis

Upaya Besar yang Telah dan sedang Dilakukan Indonesia untuk Bangun Kemandirian Energi


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 702


Indonesiabaik.id   -   Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan upaya besar telah dan sedang dilakukan pemerintah untuk membangun kemandirian energi dan industri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian nasional, menyerap tenaga kerja lebih banyak dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri.

Adapun yang sedang dan telah dilakukan di antaranya;

  1. Pada 2020, RI Produksi B30 untuk Menekan Impor

Sebelumnya pada 2019 RI gunakan B20. Kini menjadi B30 yang mewajibkan pencampuran 30 persen Biodiesel dengan 70 persen, bahan bakar minyak jenis solar.

  1. Indonesia Ciptakan Katalis untuk Pembuatan D100

merupakan hasil kerjasama Pertamina dengan para peneliti buat bahan bakar diesel yang 100% dibuat dari minyak kelapa sawit dan sedang uji produksi di dua kilang

  1. Hilirisasi Bahan Mentah Yang Lain Dilakukan Secara Besar-Besaran

Batu bara diolah menjadi methanol dan gas. Beberapa kilang dibangun 11 untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak jadi, dan sekaligus menjadi penggerak industri petrokimia.

  1. Posisi Indonesia Sangat Strategis dalam Pengembangan Baterai Lithium, Mobil ListriK Dunia, dan Produsen Teknologi

Biji nikel telah bisa diolah menjadi ferro nikel, stainless steel slab, lembaran baja, dan dikembangkan menjadi bahan utama untuk baterai lithium.



Infografis Terkait