Lihat Semua : infografis

Vaksinasi Saat Ramadan? Aman, Tak Batalkan Puasa..


Dipublikasikan pada 23 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 454


Indonesiabaik.id - Program vaksinasi COVID-19 masih terus berlangsung meski di tengah suasana Ramadan, terutama sasaran pada lansia.

Imunitas Tubuh Saat Puasa

Taukah SohIB, kondisi tubuh saat berpuasa justru diperbolehkan untuk divaksin.

Melansir antaranews (14/04), Dr Palat Menon, kepala laboratorium di Rumah Sakit Universitas Fakeeh, Dubai bahkan menyarankan orang divaksin saat puasa. Sebab, respon imun tubuh dua kali lebih efektif saat orang berpuasa

Pasalnya, ketika orang berpuasa 12 jam, baik untuk tujuan keagamaan atau medis, makrofag dalam sistem kekebalan bekerja lebih cepat, membersihkan semua puing atau sel yang sakit atau mati dan racun juga. Proses ini disebut autophagy dan selama periode ini sistem imun menjadi sangat sensitif dan efektif.

Tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama puasa maupun tidak berpuasa. Puasa hanya menggeser waktu makan, dan aktivitas yang dilakukan tetap sama.

Fatwa MUI No.13

Melihat sudut pandang agama, hukum vaksinasi saat berpuasa melalui Fatwa MUI No.13 Tahun 2021 diperbolehkan. Vaksinasi yang dilakukan dengan penyuntikan injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa, yakni dilakukan dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot.

Persiapan Vaksinasi Saat Berpuasa

Masyarakat yang mendapatkan jadwal vaksinasi di bulan Ramadhan tidak perlu cemas atau khawatir. Hanya perlu meluangkan istirahat yang cukup. Pastikan cairan tubuh terpenuhi dan tidak dehidrasi, dengan memenuhi kebutuhan harian air putih bagi tubuh.

Saat sahur, beri asupan makanan yang bergizi seimbang. Dan jika memungkinkan, mengikuti Fatwa MUI 13/2021, MUI menyarankan, agar vaksinasi berjalan lancar, vaksinasi Covid-19 bisa dilaksanakan pada malam hari.



Infografis Terkait