Lihat Semua : infografis

Waspada, Strain Virus Baru COVID-19 Ditemukan di Indonesia


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 258


indonesiabaik.id - Strain virus baru COVID-19 varian B117 ditemukan pada pasien positif di Indonesia per Selasa (2/3/2021).

Strain Virus Baru COVID-19

Dalam sebuah acara, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono memberi kabar kurang baik. Varian baru virus corona asal Inggris sudah masuk ke Indonesia. Pasalnya, ditemukan dua kasus setelah melakukan pemeriksaan terhadap 462 sample dengan metode Whole Genome Sequence (WGS).

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante Saksono Harbuwono, seperti dikutip dari kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Rabu (4/3/2021).

Respon Pemerintah

Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait ditemukannya strain virus baru COVID-19 yakni B117 di Indonesia. Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan penjagaan di pintu masuk Indonesia dengan surveilans terhadap pelaku perjalanan internasional. Termasuk upaya dari lama juga telah dilakukan seperti kebijakam pembatasan perjalanan WNA ke Indonesia.

Tingkatkan Kewaspadaan

Satgas COVID-19 meminta semua pihak untuk lebih waspada karena berdasarkan analisa terakhir dari World Health Organization (WHO), menyebutkan adanya kenaikan kasus di 4 benua. Yaitu benua Amerika, Asia Tenggara, Eropa dan Mediterania Timur. Untuk itu, meski vaksin memang dapat menyelamatkan nyawa, namun disiplin protokol kesehatan harus jadi fondasi utama menghentikan penularan virus.



Infografis Terkait