Lihat Semua : infografis

Yuk, Jual Produkmu ke BUMN Lewat Plafform Digital UMKM


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 910


Indonesiabaik.id   -   Pada 17 Agustus 2020 dalam perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia, banyak kabar baik untuk pelaku UMKM. Salah satunya, diluncurkannya program-program dari pemerintah berupa digital platform untuk membantu UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan platform digital tersebut dibuat agar para pelaku UMKM bisa menjual produk mereka ke perusahaan BUMN dan kementerian. Karena pasalnya, peranan UMKM dalam kontribusi ekonomi nasional cukup signifikan, sehingga program tersebut diharapkan dapat mampu dengan cepat memulihkan keadaan ekonomi nasional yang sedang terpuruk akibat pandemi.

Ketiga program itu di antaranya Pasar Digital (PaDi) UMKM, Bela Pengadaan, dan Laman UKM. Ketiganya merupakan hasil sinergi dari kementerian Badan Usaha Milik N egara (BUMN), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKKP), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) secara bersamaan meluncurkan 3 program untuk pelaku UMKM.

Nantinya, baik PaDi UMKM, Bela Pengadaan, maupun Laman UKM diharapkan mampu mendorong transaksi belanja Pemerintah maupun BUMN khususnya kepada UMKM. mempertemukan UMKM dengan BUMN. Dengan begitu, para pelaku UMKM bisa menjual produk mereka ke perusahaan BUMN dan kementerian. Selain itu bisa memperluas pasar sekaligus belajar untuk bisa lebih profesional atau naik kelas dari segi kualitas dan pengelolaan usaha

Program tersebut dirancang agar memberikan peluang bagi UKM dalam mendapatkan permintaan belanja dari K/L atau pemerintah daerah. Baik masyarakat, pemerintah maupun swasta dapat memonitor dan mencari informasi mengenai perkembangan UMKM di Indonesia yang berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa pemerintah.



Infografis Terkait