Lihat Semua : infografis

Yuk! Kelola Limbah Masker Medis dengan Benar


Dipublikasikan pada 19 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 448


Indonesiabaik.id - Di tengah tambahan kasus Covid-19, masyarakt diwajibkan pakai masker. Dari menggunakan masker medis bahkan sampai harus pakai masker ganda dengan masker kain atau masker double.

Salah satu permasalahannya adalah limbah masker medis yang berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19 apabila tidak ditangani dengan baik.

Penanganan Limbah Masker Medis

Kementerian Kesehatan memberikan lima langkah untuk mengolah limbah masker medis bekas pakai sebelum dibuang. Pertama, kumpulkan masker bekas pakai. Kemudian ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengelola limbah masker medis yakni dengan disinfeksi dan ubah bentuk.

Apabila ingin disinfeksi, caranya dengan merendam masker yang telah digunakan pada larutan disinfektan, klorin, atau pemutih. Namun, apabila ingin rubah bentuk terlebih dahulu mengumpulkan masker bekas ke dalam wadah plastic yang aman. Untuk masker individu, rusak talinya dan robek bagian tengah masker sehingga tidak bisa digunakan ulang.

Selanjutnya, masker bisa dibuang ke tempat sampah domestik. Hal yang penting adalah saat menangani limbah ini harus mengutamakan keselamatan dengan pakai masker, sarung tangan dan cuci tangan pakai sabun.



Infografis Terkait