Lihat Semua : infografis

Yuk, Pakai Masker Dobel


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 6.973


indonesiabaik.id - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) saat ini merekomendasikan penggunaan masker dobel sebagai cara untuk meningkatkan kesesuaian masker dan mengurangai penyebaran COVID-19.

Hasil Studi

Dari uji coba yang dilakukan CDC diketahui, penggunaan masker ganda efektif mencegah penularan. CDC mensimulasikan apa yang akan terjadi saat seseorang batuk dan berada di dekat orang yang mengenakan berbagai kombinasi masker.

Menurut laporan CDC, mengenakan masker kain di atas masker medis dapat memberikan kontrol sumber yang jauh lebih baik, serta mengurangi paparan pemakainya. Partikel yang diblokir melonjak menjadi 92,5 persen ketika keduanya digabungkan, dengan masker kain di atas masker medis.

Pemakaian yang Benar

Kita disarankan untuk memakai masker dobel, terutama jika bepergian ke tempat-tempat yang padat dan tidak memungkinkan jaga jarak.

Adapun pemakaian masker dobel yang benar bukan masker medis ditambah dengan memakai masker medis lagi. Namun, menggunakan masker medis kemudian di atasnya dilapisi dengan masker kain. Tidak semua jenis masker dapat dirangkap, contohnya masker KN95 dan N95.

Pastikan tepi masker medis menempel lembut pada kulit. Penting juga untuk memastikan penglihatan tidak terganggu saat mengenakan masker dobel. Dan tentunya, tak hanya aman, namun tetap bisa bernapas dengan nyaman.

Penggunaan dua masker sementara ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak, karena dapat membuat anak sulit bernapas.



Infografis Terkait