Lihat Semua : infografis

Yuk! Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.036


Indonesiabaik.id - Badan Pusat Statistik (BPS) siap melakukan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan (Long Form SP2020) pada 2022 kepada 4,29 juta sampel rumah tangga dengan variabel yang lebih banyak dari sensus penduduk yang telah dilakukan pada 2020.

Apa Itu SP2020 Lanjutan?

SP2020 Lanjutan adalah rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020 yang terbagi ke dalam dua tahapan. Pada tahapan kedua, BPS melakukan pendataan lebih rinci kepada rumah tangga yang menjadi sampel pada tahun 2022.

Tujuannya adalah menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. Kegiatan SP2020 Lanjutan ini akan dilaksanakan dari bulan Mei hingga Juni 2022.

Dalam SP2020 Lanjutan ini ada beberapa informasi yang akan dikumpulkan oleh BPS, diantaranya:

  1. Karakteristik penduduk
  2. Perpindahan penduduk
  3. Pendidikan dan komunikasi
  4. Disabilitas
  5. Ketenagakerjaan
  6. Kelahiran
  7. Kematian
  8. Perumahan

Terima Kedatangan Petugas

Bagi rumah tangga yang terpilih menjadi sampel, terima kedatangan petugas sensus dan berikan jawaban atas setiap pertanyaan dengan benar dan jujur. Pertama, petugas sensus akan berkoordinasi dengan aparat lingkungan setempat (RT/RW) sebelum melakukan pendataan ke rumah tangga terpilih.

Kedua, petugas sensus dilengkapi dengan alat pelindung diri berupa masker, face shield, dan hand sanitizier dalam rangka menjaga protokol kesehatan dan terakhir terima petugas sensus di area terbuka seperti teras rumah.



Infografis Terkait