Lihat Semua : infografis

Yuk! Sukseskan Sensus Pertanian Indonesia 2023


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 4.802


Indonesiabaik.id - Badan Pusat Statistik (BPS) tengah melakukan Sensus Pertanian 2023 (ST2023). Kegiatan mencatat dan mendata pertanian di Indonesia ini sudah mulai dilakukan 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023 mendatang.

Sebagai informasi, ST2023 merupakan Sensus Pertanian ketujuh yang dilaksanakan BPS, sejak dimulai pada tahun 1963. Sensus Pertanian dilakukan setiap sepuluh tahun sekali di tahun berakhiran 3 sesuai amanat Undang-undang Republik  Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Apa Itu Sensus Pertanian 2023?

Pelaksanaan ST2023 telah dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 15 Mei lalu. Pasalnya, pertanian merupakan sektor strategis dan melibatkan hajat hidup orang banyak sehingga perlunya akurasi data ST2023 untuk menghasilkan akurasi kebijakan.

Sensus Pertanian sendiri bertujuan untuk menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unitunit administrasi terkecil; menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini; dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian. 

Nantinya, Sensus Pertanian 2023 ini akan mencakup tujuh subsektor, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian.

Terima Kedatangan Petugas

Bagi rumah tangga yang terpilih menjadi sampel, terima kedatangan petugas sensus dan berikan jawaban atas setiap pertanyaan dengan benar dan jujur. Pertama, petugas sensus akan berkoordinasi dengan aparat lingkungan setempat (RT/RW) sebelum melakukan pendataan ke rumah tangga terpilih.

Para petugas dari BPS Kabupaten/Kota akan mendatangi rumah warga untuk melakukan pencatatan atau sensus. BPS dalam portal resminya meminta masyarakat untuk mendukung dan terlibat dalam mensukseskan Sensus Pertanian 2023.



Infografis Terkait