Lihat Semua : motion_grafis

Anjuran Penggunaan Gadget Anak


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 757

Indonesiabaik.id - Kehidupan anak-anak saat ini, suka tidak suka dan setuju tak setuju, kian tak terlepas dari penggunaan teknologi, terutama televisi, internet, dan game. Berbarengan dengan itu, kerap timbul pertanyaan, baik dari para ahli psikologi, ahli pendidikan, maupun masyarakat awam, tentang sejauh mana manfaat dan dampak negatif televisi, internet, dan game, buat anak-anak itu.

Pada 2016, para ahli yang tergabung dalam American Academy of Pediatrics (AAP) merilis rekomendasi terbaru soal penggunaan televisi, internet dan game buat anak-anak. Ada dua rekomendasi yang dirilis, pertama untuk bayi, balita, dan anak-anak prasekolah, dan kedua untuk anak sekolah dan remaja.

Inti dari kedua rekomendasi itu, orang tua harus menyikapi masalah penggunaan gawai dengan strategi. Keluarga harus memikirkan penggunaan media anak-anak mereka secara proaktif dan membicarakannya dengan anak. Jika anak terlalu asyik dengan gawai mungkin artinya mereka tak punya cukup waktu untuk main, belajar, mengobrol, atau tidur.

Baik itu soal durasi konsumsi media, dan tipe media. Orang tua juga harus memastikan media tidak mengganggu kebutuhan tidur, aktivitas fisik, dan kebiasaan lain yang penting untuk kesehatan. Orang tua harus menentukan waktu bebas media, misal saat makan dan berada di dalam mobil. Selain itu perlu juga menentukan lokasi bebas media digital di rumah. Misalnya di kamar tidur.

Komunikasi juga perlu terus dilakukan dengan anak, terutama soal internet dan keamanan, termasuk bagaimana kita memperlakukan orang lain dengan hormat, baik di dunia maya, dan dunia nyata. AAP juga mengingatkan para orang tua, bahwa  banyak riset menunjukkan keterkaitan konsumsi televisi dan media lain di masa kecil dan pengaruhnya terhadap rasa percaya diri yang rendah, ekspektasi tak realistis, dan percaya pada  stereotip yang berbahaya.



Motion Grafis Terkait