Lihat Semua : motion_grafis

Apa Saja Tahapan dalam Restorasi Gambut?


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 2.505

Indonesiabaik.id - Ada beragam cara untuk merestorasi lahan gambut, salah satunya adalah dengan membuat sekat kanal. Secara singkat sekat kanal ini adalah upaya membendung aliran sungai di sekitar lahan gambut agar airnya masuk ke dalam lahan gambut.

Restorasi Gambut adalah upaya pemulihan ekosistem gambut terdegradasi agar kondisi hidrologis, struktur dan fungsinya berada pada kondisi pulih. Untuk itu dilakukan pembasahan kembali (rewetting) material gambut yang mengering akibat turunnya muka air tanah gambut.

Tahapan apa saja yang ada dalam restorasi gambut? Pertama, didahului dengan perencanaan yang meliputi survei lokasi, analisis data, serta rencana dan persiapan pemulihan. Kemudian, dilanjutkan dengan pelaksanaan restorasi gambut dengan melakukan restorasi fungsi hidrologis hingga rehabilitasi vegetasi

Ketiga, dilakukan Pemantauan dan Pelaporan yang meliputi lokasi, aspek, metode, dan teknik pemantauan. Setelah semua berjalan dan selesai, dilakukan evaluasi oleh BRG mengenai tingkat kesuksesan serta bagaimana rekomendasi perbaikan dalam restorasi gambut.



Motion Grafis Terkait