Lihat Semua : motion_grafis

Dirilis Tahun 1985, Bagaimana Sejarah MRT Jakarta?


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.277

MRT Jakarta, singkatan dari Mass Rapid Transit Jakarta adalah sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik yang sedang dibangun di Jakarta. Dikutip dari situs PT MRT Jakarta, rencana pembangunan MRT Jakarta sesungguhnya dirintis sejak 1985. Namun, saat itu proyek MRT belum dinyatakan sebagai proyek nasional.

Pada tahun 2005, Presiden Republik Indonesia menegaskan bahwa proyek MRT Jakarta merupakan proyek nasional. Berangkat dari kejelasan tersebut, maka Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai bergerak dan saling berbagi tanggung jawab. Pencarian dana disambut oleh Pemerintah Jepang yang bersedia memberikan pinjaman.

Pada 28 November 2006, penandatanganan persetujuan pembiayaan Proyek MRT Jakarta dilakukan oleh Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Kemudian, tonggak sejarahnya dimulai pada 10 Oktober 2013 di mana peletakan batu pertama proyek MRT fase 1 dilakukan.

Tidak hanya itu, tepat ditanggal 23 Februari 2017 penyelesaian pekerjaan penggalian terowongan selesai dilakukan. Untuk pertama kalinya, 11 Oktober 2017 penugasan PT MRT Jakarta sebagai operator utama telah ditentukan. Selang beberapa hari, ternyata seluruh jalur utama fase 1 terhubung. Terakhir, pada 18 Desember 2017 bertempat di Jepang, uji coba MRT dilakukan.

Perlu diketahui, 37 hari menjelang operasi komersial MRT Jakarta, perkembangan pembangunan per-tanggal 25 Desember telah mencapai 98,10%. Untuk meminimalisir dampak pembangunan fisik Fase I, selain menggandeng konsultan manajemen lalu lintas, PT MRT Jakarta juga memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Pengoperasian Fase I akan dimulai pada tahun 2019 tepatnya di bulan Maret.



Motion Grafis Terkait