Lihat Semua : motion_grafis

Jutaan Hektare Irigasi untuk Negeri


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 833

Indonesiabaik.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jaringan irigasi baru seluas satu juta hektare dan merehabilitasi sekitar tiga juta hektare pada periode 2015-2019 dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Adapun pembangunan bendungan akan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya atau disebut irigasi premium. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani. Target ini untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional yang menjadi bagian Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Kementerian Pertanian sendiri melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian telah melakukan rehabilitasi jaringan irigasi tersier seluar 3,12 juta hektare (ha) selama periode 2015 sampai 5 November 2018. Realisasi terbesar terjadi pada tahun 2015 yang mencapai 2,45 juta hektare.



Motion Grafis Terkait